Sabtu, 27 Desember 2008

8 TIPS TAMPIL PERCAYA DIRI
Banyak orang merasa kurang percaya diri untuk tampil di depan umum. Mereka mengira, tampil percaya diri adalah milik publik figur, seperti: artis, pejabat, pembawa acara, penyiar dan lain-lain. Padahal, kepercayaan diri bukan sekedar bakat, namun hasil yang dapat diraih dengan usaha. Berarti, kita semua bisa tampil percaya diri. Berikut tips yang dapat diikuti.

1. Analisa diri kita
Hal yang sering dilewatkan adalah menganalisa diri sendiri. Kita terkadang lebih suka menganalisa orang lain, bahkan bergosip tentang orang lain tersebut. Dengan menganalisa diri sendiri, kita akan tahu apa kekurangan dan kelebihan diri kita. Ini akan menjadi acuan untuk pengembangan diri.
2. Hiduplah dengan pola hidup yang sehat
Atur pola makan dan minum yang sehat, tidur yang cukup dan olah raga teratur. Ini menjadi modal untuk menciptakan pikiran dan fisik yang sehat.
3. Jaga kebersihan diri kita
Agama mengajarkan kita untuk menjaga kebersihan, maka ikutilah! Mandilah minimal dua kali sehari. Perhatikan setiap bagian tubuh, mulai dari rambut, wajah, telinga, kuku hingga kaki, semuanya harus rapih dan bersih. Pakailah deodorant dan parfum secukupnya.
4. Perhatikan penampilan kita
Pakailah pakaian sesuai dengan acara, tempat dan waktunya. Usahakan memakai pakaian yang sesuai kepribadian kita. Jangan memaksakan suatu pakaian yang tidak sesuai dengan diri kita, karena hal ini membuat ketidaknyamanan.
5. Perkaya wawasan dengan berbagai media
Isilah keseharian kita dengan informasi yang berguna dari koran, majalah, tv, radio bahkan internet. Ini akan mendekatkan kita dengan segala hal yang terjadi, terbaru dan dibicarakan banyak orang.
6. Perluaslah pergaulan kita
Kita harus bergaul dengan banyak orang, sehingga kita tahu berbagai karakter dan tahu bagaimana menghadapi berbagai karakter tersebut.
7. Latihlah diri anda seolah-olah tampil di depan umum
Kita dapat berlatih seolah-olah tampil dengan baik di depan umum di rumah. Minta keluarga untuk mengevaluasi cara berbicara, cara berpenampilan, cara berjalan, cara duduk bahkan aktivitas lain yang terkadang diminta, seperti bernyanyi atau berdansa.
8. Tampilah di setiap kesempatan
Jika kita mendapatkan kesempatan untuk tampil di depan umum, walaupun dalam ruang lingkup kecil seperti kelas, lakukanlah! Karena ini menjadi latihan nyata bagi kita untuk tampil percaya diri. Kita tidak pernah tahu mengatasi situasi saat tampil di depan umum, jika kita tidak pernah tampil di depan umum. Ingat, practice makes perfect!

0 komentar:

Rafiko FA

Anang